Perkembangan teknologi dan pengaruhnya di dalam masyarakat






Di zaman digital seperti sekarang, manusia sangat bergantung pada teknologi. Hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar setiap orang. Dari orang tua hingga anak muda, para ahli hingga orang awam pun menggunakan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Para petani yang bekerja di ladang juga menggunakan teknologi untuk meningkatkan hasil panennya, contohnya adalah penggunaan traktor mesin yang lebih cepat dan efisien jika dibandingkan dengan bajak yang ditarik oleh seekor kerbau.




Kebutuhan manusia akan teknologi juga didukung dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat. Perkembangan teknologi berkembang secara drastis dan terus berevolusi hingga sekarang dan semakin mendunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya inovasi dan penemuan yang sederhana hingga sangat rumit. Bahkan, kurang dari 10 tahun terakhir, teknologi handphone yang awalnya hanya sebuah alat komunikasi nirkabel berkembang menjadi alat komunikasi yang dapat mengambil foto, merekam video, mendengarkan musik, dan mengakses internet dalam hitungan detik.



Perkembangan teknologi saat ini merupakan dasar untuk mengembangkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemajuan suatu negara didasarkan atas seberapa jauh ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikuasai oleh negara tersebut. Hal ini sangat beralasan dikarenakan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dasar dari setiap aspek kehidupan manusia.







Sering dengan perkembangannya ini teknologi cukup berdampak di kalangan masyarakat ada dampak positif dan dampak negatif yang bisa terjadi entah berkaitan dengan ekoomi, politik, sosial, budaya, ideologi dan lain-lain. Sebagai contoh : Memudahkan komunikasi antar individu,Mempermudah dan mempercepat penyampaian atau penyebaran informasi,Pertumbuhan ekonomi akan semakin tinggi Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Lalu bagaimana dampak negatifnya :Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan,Adanya aksi tipu menipu dalam proses jual beli online yang dapat merugikan beberapa pihak, Dengan makin pesatnya komunikasi membuat bentuk komunikasi berubah,yang asalnya face to face menjadi tidak. Hal ini dapat menyebabkan komunikasi hampa

Untuk itu bijaklah dalam mejalankan teknologi manfaatkan dampak positifya dan tinggalkan yang dapat merusak generasi kita.


Oleh :


Hasmin LAdiga
C1D3 18 060
Jurnalistik genap 2018
Universitas Halu oleo

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(Tugas 2) Internet dan Elemen-elemen di dalamnya

(Tugas 1) Perangkat Keras (Hardware) Dan perangkat Lunak (Software)